Pembangunan Jalan Rabat Beton Tipis, Anggaran Habis, Diperingatkan Tak Digubris, Sungguh Miris

  • Whatsapp

Jombang TKTNews.Net – Hasil pekerjaan cor Rabat beton bahu jalan yang bersumber dari anggaran DD (Dana Desa) tahun 2021, ketebalannya cor dilokasi rata rata 7 cm, meski dalam RAB (Rencana Anggaran Biaya) padahal perencanaan bestek harusnya 10 cm.dengan nilai Rp122.926.000 (seratus dua puluh dua juta sembilan ratus dua puluh enam ribu rupiah).

Kegiatan tersebut mengundang banyak pertanyaan dari beberapa kalangan khususnya insan pers yang datang ke lokasi pembangunan yang berada dilokasi Dusun Legarang Desa Brambang Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang,dari volume diketahui panjang sisi timur 284 meter tebal 7 cm, panjang sisi barat 245 meter X lebar dua versi yaitu 140 cm dan 200 meter serta tebal cor 7 cm.

Setelah dilakukan control sosial dengan melakukan pengecekan dan terhitung volumenya, bahwa volume realisasi dilapangan pada pekerjaan cor bahu jalan tersebut ialah 56,74 M3, total tersebut sesuai ukuran panjang, lebar dan tebal dilokasi pekerjaan.Senin (11/10/2021)

“Saat proses pembuatan spesi beton itu, pihak pelaksana pekerjaan telah mencampur dengan campuran agregat abu batu, untuk mengurangi koefisien volume penggunaan Semen Portland (PC)” kata nara sumber” Ungkap beberapa sumber.

Kades Brambang, Nur Rochmah, S.PSi. saat dikonfirmasi diruang kerjanya mengatakan pada Tktnews.net, ” Kalau terkait teknis dan perencanaan maupun pelaksanaan, biar dijawab oleh pihak pelaksana saja, karena yang lebih tau adalah TPD dan Kaur Perencanaan” Jawab Kades.

Waktu berbeda Kaur Perencanaan menjelaskan “didalam perencanaan, kita buat ketebalan cor jalan itu 10 cm, kalaupun didalam pelaksanaan tidak sesuai dengan perencanaan, biar ketua TPD yang bisa menjelaskannya, karena saya tidak setiap hari nunggu dilokasi pembangunan, ” Ulasnya.

Dari hasil keterangan pihak Kaur Perencana Desa Brambang, kuat dugaan bahwa volume pekerjaan tidak sesuai dengan bestek perencanaan yang sudah dibuat dan sudah menjadi RAB untuk anggaran biaya yang dikerjakan.

Nilai anggaran sebesar itu, untuk pekerjaan jalan cor beton non tulangan, harga bahan dan analisa harga satuan patut dipertanyakan, berapa harga per kubik untuk pekerjaan tersebut, kuat dugaan bahwa harga satuan yang dijadikan acuan, lepas dari harga HSPK yang di sahkan oleh SK Bupati Jombang tahun 2021, kini tinggal nunggu kerja Inspektorat dan penegak hukum.

Reporter : Warjito
Editor. : Katiman

Pos terkait

Tinggalkan Balasan